Image Alt

IMOS

Rutin Cek Rem Motor Biar Aman di Jalan

Rutin Cek Rem Motor Biar Aman di Jalan

Sebagai pengguna sepeda motor kita harus rajin alias rutin mengecek kinerja komponen motor pada kilometer tertentu  (10.000 km) atau satu bulan sekali ketika motor rutin dipakai. Komponen pengereman memiliki tugas utama dalam berkendara harus selalu dalam kondisi prima. Mulai dari volume minya rem hingga kampas harus sangat diperhatikan keadaannya.

Pengendara harus memastikan kampas masih tebal dan belum habis dan ketika digunakan untuk pemakaian sehari-hari dapat menekan cakram atau tromol dengan baik. Pengecekan dapat dilakukan dengan mudah untuk pemakai rem cakram dan tromol. Pastinya pengendara tidak perlu melakukan pembongkaran ketika mengganti rem tersebut. Pemilik rem cakram bisa melihat alur-alur pada kampas rem.  Lalu untuk rem tromol bisa melihat tanda segitiga pada panel rem dan tanda panah pada tuas rem, apabila pengendara menarik rem dan melihat tanda segitiga serta panah hampir bertemu/segari maka rem harus segera diganti.

Pastikan mengganti kampas rem dengan rem original baik itu rem cakram atau rem tromol. Apabila tidak menggunakan rem asli bisa menganggu kenyamanan dan efek jangka panjangnya bisa merusak motor. Kebiasaan menggunakan kampas rem KW bisa mengurangi kemampuan pengereman motor menjadi kurang pakem yang tentunya sangat berbahaa dalam kondisi darurat. Hal ini bisa terjadi karena bahan baku kampas rem KW keras jauh dari standar aslinya. Tidak hanya itu rem juga cepat panas mengakibatkan hilangnya daya pengereman atau fading.

Indonesia Motorcycle Show (IMOS) selalu menjadi ajang launching sepeda motor baru dengan teknologi terbaru serta pengenalan berbagai macam aksesoris dan pelengkap berkendara motor. Pameran motor yang diselenggarakan oleh AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor) selalu menghadirkan suasana baru yang pastinya selalu mengajak pengunjung untuk melihat berbagai macam motor impian dengan tetap mengedepankan keselamatan berkendara dalam situasi pandemi Covid-19 ini. Terus jaga jarak dan safety riding ya bikers!

Post a Comment