Image Alt

IMOS

Berikut Ini Adalah Cara Jaga Tangki Bensin Motor Supaya Awet

Berikut Ini Adalah Cara Jaga Tangki Bensin Motor Supaya Awet

Tanpa kita sadarai terkadang pola kebiasaan memakai motor kita bisa membuat tangki motor berkarat. Kebanyakan dari kita tidak tahu apabila air memiliki peluang masuk ke dalam tangki bensin. Keadaan inilah asal muasal tangki bocor karena karat.

Pengendara harus mengisi bahan bakar minimal setengah dari kapasitas maksimal tangki motor walaupun motor itu jarang dipakai. Hal ini terjadi karena semakin penuh bahan bakar di dalam tangki semakin mengurangi peluang terjadinya pengembunan udara di dalam tangki.

Proses kerusakan perlahan bisa terjadi karena pengendara kerap kali memarkir motor di tempat terbuka terpapar sinar matahari dan hujan secara langsung. Perbedaan suhu di luar dan dalam tangki menyebabkan embun yang berubah jadi air, kemudian air itu akhirnya mengendap di dasar tangki menyebabkan muncul lumpur dan karat.

Jangan lupa untuk memeriksa karet tutup tangki bahan bakar. Apabila karet sudah tipis dan getas harus dganti baru karena air nantinya mudah masuk apalagi ketiga musim hujan atau motor sedang di cuci steam.

Langkah terakhir adalah menguras tangki bensin dalam kurun waktu tertentu. Motor bebek atau matik dilakukan dua tahun sekali, untuk motor sport dilakukan satu tahun sekali.

Indonesia Motorcycle Show (IMOS) selalu menjadi ajang launching sepeda motor baru dengan teknologi terbaru. Pameran motor yang diselenggarakan oleh AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor) selalu menghadirkan suasana baru yang pastinya selalu mengajak pengunjung untuk melihat berbagai macam motor impian dengan tetap mengedepankan keselamatan berkendara dalam situasi pandemi Covid-19 ini. Terus jaga jarak dan safety riding ya bikers!

Post a Comment