Image Alt

IMOS

helm palsu

Helm Palsu Berbahaya bagi Keselamatan

Tidak sedikit pengendara motor tergiur untuk memakai helm dengan merek ternama seperti AGV atau Arai. Tidak jarang pula para pengendara motor mencari versi “murah” dari kedua helm tersebut. Alhasil kualitas barang yang didapatkan tidak sesuai dengan performa asli dari merek ternama yang sudah teruji tingkat keamanannya.

Dalam segi kualitas, helm palsu kualitasnya bisa dibilang jauh dari unsur safety karena tidak bisa memberikan perlindungan maksimal untuk kepala pengendara. Seperti dikutip dalam investigasi ITV News Inggris yang menguji helm palsu merek AGV (cara pengujian sama dengan helm asli) diuji ketahanannya dengan simulasi dibenturkan pada kecepatan 48 km/jam. Hasilnya sangat mengejutkan, helm palsu pecah dengan visor serta bagian eksternal lainnya terlepas tidak karuan.

Hal ini didukung pula oleh pemberitaan dari Visordown situs berita khusus motor di Inggris, mereka juga melakukan pengujian helm palsu merek Arai dengan cara pengujian sama dengan helm asli  walaupun tidak diberitahukan secara detail caranya namun dikonfirmasi bahwa helm tiruan ini dibenturkan pada kecepatan 27,7 km/jam. Hasil akhirnya sungguh mengkhawatirkan cangkang helm dan isi helm berupa polystyrene terlihat.

Pengujian ini membuktikan bahwa dalam berkendara sebaiknya tidak menggunakan helm palsu. Tetap gunakan helm asli walaupun harganya mahal, tetapi memberikan perlindungan maksimal ketika berekendara.

Nantikan kehadiran berbagai macam aksesoris motor original mulai dari helm, jaket, sarung tangan dan sepatu khusus berkendara  di pameran sepeda motor Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2020, yang akan diadakan pada akhir tahun ini di Jakarta Convention Center (JCC). Pengunjung juga dapat mencoba secara langsung sepeda motor impian dengan tetap menjaga keselamatan berkendara.

Untuk info lebih lanjut seputar IMOS 2020, ikuti Instagram @imos_id dan kunjungi situs www.indonesiamotorcycleshow.id.

Post a Comment